EUREKA – I FOUND IT
By GC – Jul 10, 2017

Kata “Eureka” ini menjadi terkenal karena pernah diucapkan oleh seorang ahli matematika yang merupakan penemu terhebat sepanjang sejarah dibidang matematika & fisika yaitu Archimedes.

Waktu itu Archimedes diminta oleh Raja Hiero untuk membuktikan apakah mahkota emas miliknya yang baru dibuat oleh sang ahli logam kerajaan (blacksmith) itu terbuat dari emas murni atau dicampur oleh logam lain seperti perak sama sang ahli logam kerajaan tersebut.

Masalah itu demikian rumit dan tidak mudah diselesaikannya. Ia mencoba berpikir dan berpikir namun tetap tidak mendapatkan cara untuk melakukan test tanpa merusak mahkota tersebut.

Berhari-hari Archimedes pusing dengan masalah pembuktian emas tersebut. Suatu ketika Archimedes sedang mandi & ingin berendam di bak mandinya. Ketika ia masuk ke dalam bak tersebut, tiba-tiba tubuhnya menegang. Ia memperhatikan air dalam bak tersebut meningkat saat tubuhnya masuk ke dalam air. Spontan tanpa berpikir 2 atau 3 kali, dalam keadaan telanjang bulat dia lari keluar rumah sambil teriak “EUREKA!!!” yang artinya “I found it”.

Mahkota itu akhirnya dibuktikan mengandung logam lain oleh Archimedes. Caranya? Dia menghitung volume mahkota itu dalam gelas ukur berisi air. Dengan cara memasukkan air ke dalam gelas ukur hingga penuh, lalu mahkota dimasukkan hingga air tumpah meluap. Setelah itu mahkota itu diangkat dari air tersebut. Air yang hilang merupakan volume dari mahkota itu.

Lalu dia mengukur volume emas 24 karat dengan berat yang sama dengan mahkota tersebut juga diukur dengan cara yang sama seperti di atas. Akhirnya dia mendapati bahwa volume mahkota tersebut lebih besar. Oleh sebab itu Archimedes dengan yakin mengatakan bahwa mahkota itu bukan terbuat dari emas murni.

Archimedes tidak sadar bahwa penemuannya, teori tentang pengukuran berat jenis atau massa jenis sekarang sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia modern saat ini. Sebuah hal yang hebat dan dahsyat yang dihasilkan dengan cara yang sederhana yaitu relax dan menenangkan diri.

Di dunia ini banyak problema terjadi di dalam kehidupan kita. Beberapa problema itu demikian rumitnya dan tidak tau bagaimana cara penyelesaiannya dengan baik. Dan biasanya kita akan menyerah dan melupakan problema itu. Serta menerima problema itu sebagai sesuatu misteri yang tidak bisa kita ungkapkan seumur hidup kita.

Padahal jika kita mau, kita bisa seperti Archimedes untuk mengatakan: “EUREKA” karena kita berhasil menemukan sebuah teori untuk penyelesaian masalah kita. Bagaimana caranya? Caranya tidak lain dan tidak bukan adalah kerja keras serta determinasi serta passion yang kuat untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Ingatlah selalu bahwa masalah jangan dilihat sebagai sebuah kutukan, atau sebagai sebuah tekanan bagi kehidupan kita. Tapi lihatlah masalah sebagai peluang atau kesempatan bagi kita untuk kita selesaikan. Ada kebahagiaan tersendiri sesungguhnya dalam menyelesaikan setiap masalah kita. Ada kebahagiaan tersendiri saat kita mengatakan “EUREKA”

Cara Albert Einstein dalam menanggulangi masalahnya adalah dengan menghabiskan banyak waktu untuk mendefinisikan masalah itu, hingga mencari akar masalah yang ada, sebab menurutnya jika kita mempunyai waktu 1 jam, maka 55 menit pasti dihabiskan untuk mendefinisikan masalahnya. Dan hanya 5 menit untuk mencari solusinya.

Ingatlah juga bahwa Masalah tidak dapat diselesaikan oleh otak yang Lelah. Oleh karenanya jika kita sedang menghadapi sebuah masalah, istirahatlah, tenangkan diri. Nanti ide-ide penyelesaian masalah akan muncul dengan sendirinya.

Mungkin pada saat teduh, saat dipagi hari setelah cukup beristirahat, saat otak segar dan siap untuk menerima informasi, itulah juga saatnya Tuhan mau berbicara dengan kita, serta memberi ide-ide segar terhadap penyelesaian masalah-masalah yang ada hidup kita. Meditasi di pagi hari akan sangat membantu dalam penyelesaian banyak masalah.

“It is a common experience that a problem difficult at night is resolved in the morning after the committee of sleep has worked on it.” John Steinbeck.

Keep Calm and ….. EUREKA

Have a GREAT Day! GC

Advertisements