5 HUKUM PASTI SUKSES BERWIRA USAHA

Late post nih, gapapa ya baru sempat bikin rangkumannya. Bagi2 ilmu banyak pahala..

Seminar Andri Wongso, 26 Januari 2016
Tema: “5 HUKUM PASTI SUKSES BERWIRA USAHA”

Tidak ada jaminan pasti sukses, kita yang harus memastikan untuk berjuang keras agar sukses berwirausaha.
Jangan buru-buru mengklaim diri bahwa Anda adalah seorang pengusaha atau wirausahawan kalau belum mampu melakukan proses atau tahapan dengan baik, benar dan halal, kata Andrie Wongso, pengusaha yang sukses dalam industri motivasi.

“Pahami dulu definisi dari kewirausahaan yaitu suatu seni usaha kemandirian melalui proses pengembangan kekuatan atau kelebihan baik dari diri sendiri atau orang lain. Ini suatu keadaan untuk bisa menghasilkan produk/jasa yang mampu memuaskan kebutuhan pelanggan dan menghasilkan keuntungan, “ ujarnya
Jadi, kalau bisa melakukan bisnis dengan baik,benar dan dengan cara halal maka dimata dunia dan dimata tuhan (akhirat) barulah seseorang layak disebut sebagai seorang pengusaha atau entrepreneur sejati.

Seorang entrepeneur harus tahu tahapannya dalam menjalankan usaha dan harus didahului dengan spirit dan spiritual karena spirit atau semangat saja tidak cukup tapi harus punya sisi spiritual sehingga tuhan bersama kita dalam menjalani usaha karena tidak ada jaminan pasti sukses tetapi justru kitalah yang harus memastikan dan berjuang keras agar sukses.
“Jadi harus dimulai dengan Spirit, Wisdom dan Spiritual of Entrepreneurship..

Menurut Andrie Wongso, lima hukum pasti sukses berwirausaha yang pertama adalah:

1. Memiliki jiwa Kewirausahaan.
Orang yang berani mimpi dan ambisius, yakin dan percaya diri, bersikap optimistis, aktif dan fokus pada pengembangan usahanya.
“Punya mental tahan banting yang berani spekulasi dan mengambil resiko, senang tantangan dan persaingan karena persaingan itu roh entrepreneurship,” ujarnya.

2. Produk/jasa
Dengan kategori the first, the best, the unique dan memiliki diferensiasi (differentiation) yang menuntut inovasi. Dalam pengembangan usaha yang diandalkan adalah produk dan layanan yang memuaskan sehingga akhirnya menciptakan loyaitas
“Pengusaha membuat produk/jasa dan mengejar profit tapi yang penting adalah pikirkan apa yang tidak dilakukan oleh pesaing dan lakukan apa yang tidak dilakukan oleh pesaing,” jelas Andrie Wongso.
Sebagai contoh saya menambahkan sekarang konsep teknologi informasi Cloud Computing sedang hangat dibicarakan. Istilah Cloud Computing mungkin belum banyak didengar, karena memang masih baru. Namun, perkembangannya sangat luar biasa. Dari software berbasis desktop perlahan user akan beralih ke basis online.
Contoh yg sdh terjadi ACCURATE Online. Ikuti perkembangan teknologi jgn sampai di libas.
3. Kesempatan
Ada tiga tipe orang yang menyikapi adanya peluang atau kesempatan.
• Orang yang lemah biasanya menunggu kesempatan,
• Orang yang kuat akan menciptakan kesempatan sedangkan
• Orang yang bijak bisa memanfaatkan kesempatan

“Nah Anda tipe yang mana tapi percayalah zaman selalu menyajikan kesempatan sukses bagi siapa saja yg berani berubah dan mengubah. Ketika saya memproduksi kartu ucapan dengan kata-kata mutiara merk Harvest maka pada tahun 1980an itu tidak ada yang memproduksi kartu itu sehingga saya sukses pada jamannya dan benar-benar panen (harvest) dan jadi raja kartu ucapan,” jelasnya. (hehe.. baru tau ternyata kartu legendaris itu ternyata ciptaan Andrie Wongso.. bisa ketebak ya agan yg tau kartu itu pasti skrg dah kepala 4.. wkwk)

4. Modal dan keahlian dalam mengelola uang.
Sudah 25 tahun Andrie investasi dibidang properti dan bisa tetap fokus mengembangkan beragam usaha di industri motivasi.

5. Karakter.
Pengusaha harus punya karakter yang baik. Hutang harus dibayar jangan diputar dulu atau malah ngemplang tidak bayar hutang. Berbuat kebaikan pada orang lain pasti akan berbalik pada diri kita sendiri, “ kata mantan foto model dan bintang film laga di Hongkong dan Taiwan ini.
Dalam berbisnis, tambahnya, kesuksesan dan kegagalan sebenarnya berjalan pararel dan merupakan suatu pengalaman ‘pendidikan’ sebagai bagian dari tahapan yang dijalani menuju puncak kesuksesan.
Terakhir Andrie mengingatkan bahwa karakter wirausahawan yang ideal adalah pintar bergaul. Pasalnya tiada sukses diraih tanpa keterlibatan orang lain sehingga dia harus pandai membawakan diri di setiap pergaulan. Jangan iri dengan orang lain yang sudah sukses, karena sukses milik mereka juga. Ini ilmu hidup yang mutlak dimiliki oleh setiap orang yang ingin sukses.

Apa itu gagal? Apa itu sukses? Mental yang positif adalah menilai kegagalan adalah sebuah edukasi/pendidikan, begitu juga dengan sukses adalah sebuah edukasi/pendidikan. Belajar, belajar, belajar dan terus belajar..

🙏🏻🙏🏻🙏🏻🙏🏻❤❤❤❤

WAG TWINFLAME/bu DS

Advertisements