RW by GC – Nov 03, 2016

Pada suatu pagi buta, se-org raja meminta beberapa prajurit istananya utk menaruh sebuah batu besar di tengah jalan lalu ia bersembunyi utk memperhatikan reaksi orang2 saat melihat batu itu.

Para saudagar dan jutawan melewati batu besar itu tanpa melirik. Mereka sibuk ber-cakap2 dgn sesama jutawan, ada yg sambil menghitung uang dan ada yg wajahnya tanpa ekspresi.

Para punggawa kerajaan lewat. Setelah melihat batu besar itu, mereka mulai berbicara tentang jenis batu, perkiraan ukuran dan berat, dari mana batu itu berasal, bagaimana bisa sampai di situ, berapa macam cara mengambil dan mengangkut batu sebesar itu dll. Tak jarang mereka berselisih pendapat.

Beberapa anak muda melewati batu itu sambil menggerutu dan menghujat pihak kerajaan. “Kenapa bisa ada batu di tengah jalan? Mengapa kerajaan lalai dan membiarkan hal ini terjadi? Lalu apa yang mereka kerjakan dengan gaji yg mereka terima setiap bulannya? Kalau mereka tdk becus bekerja mengapa tdk dipecat saja dan diganti dgn tenaga muda di negri ini?

Begitu setiap orang melihat batu besar itu tanpa ada yg mengangkat atau menggeser batu. Senja pun datang dan tiba2 seorang kakek pekerja kasar melewati jalan itu. Melihat batu besar menghambat jalan, ia mencoba menggeser batu.

Ia mengambil batu agak kecil sbg landasan utk mencongkel dan menggelindingkan batu besar itu sedikit demi sedikit hingga akhirnya berhasil ia pinggirkan. Keringat membasahi kulit tuanya. Tiba2 ia melihat kotak kecil di bawah batu itu. Dibukanya kotak itu dan ia terperanjat, ternyata isinya adalah emas dan perhiasan berharga. Di dalamnya ada secarik kertas bertuliskan:

“Setiap rintangan sesungguhnya adalah sebuah kesempatan utk menjadi lebih baik. Jika kita menaruh gula dlm teh tapi tdk mengaduknya bagaimana mungkin kita bisa merasakan rasa manisnya. Hidup itu perlu usaha, rintangan bukan utk dilihat, di perbincangkan, digerutui dll. Rintangan adalah utk disingkirkan.”

Mari kita singkirkan semua hal yg merintangi jalan hidup kita dgn doa dan usaha.

Bangsa kita sedang menghadapi sebuah rintangan besar! Mari kita bersatu padu untuk menyingkirkan rintangan ini, dengan *DOA* dan *USAHA* yang maksimal untuk sebuah kedamaian & untuk persatuan serta keutuhan bangsa. Bila kita mampu menghindari rintangan ini, kita sudah membuat bangsa kita lebih kuat dari sebelumnya. Biarlah damai di bumi Indonesia dan damai di hati orang-orang Indonesia.

_*“Life is a song – sing it. Life is a game – play it. LIFE IS A CHALLENGE – MEET IT. Life is a dream – realize it. Life is a sacrifice – offer it. Life is love – enjoy it.”*_ Sai Baba

Have a GREAT day! GC

Advertisements