Bunuh diri // Suicide // Harakiri

Banyak orang yang berpendapat bahwa hal termudah dalam perjuangan hidup ini adalah membuat keputusan untuk menyerah.. menyerah dalam pekerjaan, menyerah untuk jadi pemenang, bahkan menyerah untuk melanjutkan hidup, dsb..

Dalam hidup memang kita tidak bisa memaksakan segala sesuatunya sesuai dengan kehendak kita, ada kalanya kita harus menyerah.. kadang kegagalanpun bisa menjadi cara Tuhan untuk menyadarkan dan mengembalikan kita ke jalur yang benar..

Namun yang ingin saya tuliskan hari ini bahwa setiap keputusan memiliki konsekuensi, termasuk juga menyerah.. ibarat perusahaan untuk memutuskan menyerah (bangkrut) saja banyak prosedur yang harus dijalankan , mulai dari urusan kompensasi kepada karyawan, urusan PHK, sampai urusan penyelesaian tanggung jawab kepada supplier dan customer.. intinya ribet dah..
kirain gampang apa…?

Belum lama ada seorang kenalan saya yang kabur , hilang bagaikan ditelan bumi setelah menggelapkan uang miliaran rupiah milik teman – teman dekatnya sendiri (termasuk orang tua saya hehehe, perlu disebutin namanya nih?)

komentar orang – orang , wah “enak banget” ya abis nipu tinggal kabur.. menurut saya kaburpun tidak mudah, tidak seenak yang orang pikir juga, banyak konsekuensi yang harus dihadapi.. walau saat ini beliau BELUM tinggal di dalam penjara , sesungguhnya ia juga telah kehilangan kebebasannya. . .bahkan harus menanggung beban dosa tambahan karena merebut masa depan serta kebebasan suami, dan anak – anak juga (karena kaburnya ngajak – ngajak keluarga).. seumur hidupnya dalam pelarian.. enak tah? kalau saya bilang sih makan tuh duit.. karena kalau saya sih bisa membayangkan makan sop buntut teriyaki juga udah ENEG kalau sambil hidup dicaci maki, disumpahin dan dikejar – kejar polisi bahkan orang – orang yang dulu kita sapa sebagai sahabat…

lebih parahnya lagi saat saya mendengar ada teman yang tidak sanggup lagi melanjutkan hidup dan memilih untuk Bunuh diri.. coba pikir lagi.. apakah semudah itu kita meninggalkan beban kehidupan disini tanpa harus dipertanggung jawabkan? Kecuali anda mengakses facebook ini dari dalam tanah atau gua , tidak punya teman atau keluarga, tidak kenal siapa – siapa.. think again if you want to commit suicide!

Ibaratnya waktu dulu saya masih menjadi pemain sepak bola, ketika saya dikartu merah wasit.. pertandingan memang berakhir bagi saya, tetapi pertandingan tetap berjalan bagi teman – teman seperjuangan saya , Kartu merah hanya berarti meninggalkan teman – teman saya untuk berjuang sendirian atau tanpa saya.. ketika mereka diserang atau bahkan sedang dibantai habis – habisan, saya tidak dapat berbuat apapun lagi untuk membela mereka..

Ingat bahwa dengan meninggalkan pertandingan atau kehidupan ini lebih awal dari waktu yang seharusnya bukan berarti pertandingan tersebut selesai.. itu hanya berarti anda meninggalkan luka dan membiarkan orang – orang yang anda cintai untuk berjuang sendirian, menanggung beban , bahkan harus memikul dosa atas kesalahan yang kita perbuat….

dan belum tentu semuanya selesai begitu saja bagi kita, akan lebih gawat jika ternyata benar kata orang bahwa ada pengadilan sesudah kehidupan ini.. dan yang membuat saya takut untuk “menyerah lebih awal” karena saya yakin saya tidak akan punya alasan kuat untuk membenarkan perbuatan saya tersebut di hadapan hakim agung pengadilan setelah dunia, dan hukuman berat menanti di depan saya…

teman – teman, seberat apapun kehidupan kita saat ini, mari kita terus berjuang sampai akhir…

Defeat is temporary, but Giving up make it permanent!

keadaan yang berat itu hanya sementara!! dan bila kita terus berjuang roda pasti akan berputar, keadaan kita dapat diubahkan, awan gelap , hujan bahkan badai sekalipun, sederas apapun pasti dapat berlalu… dan hanya mereka yang bertahan sampai akhir yang dapat melihat indahnya pelangi yang Tuhan telah sediakan..

Ps: Malam tergelap adalah saat terdekat dengan terbitnya matahari, ketika masa – masa terberat kita, ingat bertahan 5 menit lagi.. karena matahari akan segera terbit dan kegelapan dalam hidup kita akan segera berakhir…

