*_Patut kita renungkan_*

*Nokia* dulu menyebut *Android* sebagai semut kecil merah yg mudah digencet dan mati. Arogansi dan rasa percaya diri yg berlebihan membuat Nokia terjebak dlm innovator dilemma. Sejarah mencatat, yg kemudian mati justru Nokia tergeletak kaku dlm kesunyian yg perih.

*Kodak* menyebut kamera digital hanyalah tren sesaat, dan kamera produksi mereka akan terus bertahan. Kodak terjebak dlm halusinasi dan innovator dilemma yg akut. Akibatnya, ruangan ICU yg pengap menanti raga mereka yg merintih kesakitan.

*Micorosoft & Intel* (Dominasi yg dulu dikenal dgn “Duo Wintel”) terlalu menikmati kekuasannya dlm dunia PC dan Laptop, dan pelan2 terjebak dlm innovator dilemma. Mereka terbuai dgn kekuasaannya dan lengah betapa dramatis kecepatan kemajuan era mobile computing. Kini era PC/Laptop sdh hampir berakhir, diganti era mobile smartphone. Dan hegemoni Microsoft serta Intel kian mjd tdk relevan dlm era smartphone. Intel dan Microsoft lalu hanya duduk saling bertatapan mata, diam & termangu, dlm rasa penyesalan yg pedih & pahit. Namun dlm bisnis, penyesalan tdk pernah mendapat tempat terhormat.

*Pizza Hut* terus menerus mengenalkan menu baru setiap enam bulan.

Sabun *Lifebouy* ber-kali2 melakukan _rejuvenasi_. *Facebook & Bukalapak* juga selalu melakukan evolusi.

Nokia kolaps dihantam iPhone di tahun 2007, padahal produsen iPhone bukan perusahaan telco, namun dari industri komputer.

Koran & majalah mati bukan krn sesama rivalnya, namun krn *Facebook & Social Media*.

Remaja & anak muda tak lagi kenal koran atau majalah kertas, mereka lebih asyik main Path, Instagram atau FB. Pelan tapi pasti industri koran & majalah akan mati.

Televisi spt *RCTI, Trans & SCTV* kelak akan kolaps bukan krn persaingan sesama pemain di industri yg sama, tapi dari makhluk alien bernama *Youtube*. Di Amerika, jumlah pemirsa televisi di kalangan anak muda & remaja menurun drastis. Dan semua lari ke *Youtube*. Ini juga kelak akan terjadi di tanah air.

Industri taksi seperti *Blue Bird* goyah bukan krn pesaing sesama taksi, namun dari Layanan taksi independen berbasis aplikasi_. Di banyak negara, banyak perusahaan taksi konvensional mati digilas *Uber* dan layanan taksi berbasis aplikasi lainnya.

Dan kini produsen *Toyota, BMW & Mercedes Benz* takut bukan krn persaingan sesama mereka. Namun krn kehadiran *TESLA*, yg entah dari mana tiba2 melakukan inovasi radikal dgn produk mobil berbasis elektrik, dgn teknologi mobil tanpa sopir atau otonom (Autopilot Hardware).

Minggu lalu, mobil seri Tesla3 terjual hingga 300 ribu unit hanya dlm dua hari, padahal unitnya baru dirilis 2018. Jadi inden-nya dua tahun_.

Manusia yg dpt segera *beradaptasi* dgn perubahan keadaan lingkungannya maka dia akan *survive*. Jika *tidak dapat beradaptasi* dgn perubahan maka mereka akan *tersingkir & punah* dari lingkungannya.

Ide perubahan dan kreatif adalah salah satu wujud syukur.

*”Kuncinya adalah kerendahan hati dan mau belajar dari kelebihan orang lain, jangan pernah meremehkan apapun & siapapun.”*

Advertisements