*SEMANGAT UTK BERUBAH*
GC May 2014

Di suatu desa, hiduplah seorang pria miskin yang kurang beruntung. Rumahnya kecil, kosong dan ditinggali oleh tikus serta banyak sarang laba2. Semua orang berusaha menghindari rumahnya. Org miskin itu berkata: “Memang sudah nasib aku miskin. Aku memang ditakdirkan sial terus bagaimana aku bisa kaya & bahagia?”

Suatu ketika, pada saat dia merenungi nasibnya. Seorang pertapa yg baru turun gunung lewat di depannya. Segera saja dia cegat pertapa itu serta menceritakan nasibnya & meminta nasehat bagaimana bisa keluar dari kemiskinan tsb.

Sipertapa tsb tersentuh & memberikan sebuah vas bunga pada si miskin. “Ini adalah Vas Bunga ajaib yg bisa mengubah kemiskinan kamu”.

Pada awalnya si miskin ingin menjual dan membeli minuman alkohol seperti biasanya, toh dia tidak memerlukan benda secantik ini dirumahnya.

Namun ketika dia melihat detail2 dari vas bunga tsb. Dia mulai mengagumi vas bunga tsb & mengurungkan niatnya.

Vas itu dibawanya pulang dan menaruhnya di meja. Dia kembali mengagumi benda tsb. “Ah rasanya kurang pantas jika benda sebagus ini dibiarkan kosong, dia pun memetik beberapa bunga liar & menaruhnya di Vas tsb.”

Ketika selesai kembali dia berpikir, “Hmmm krg bagus, terlalu banyak sarang laba2.” Dia pun mulai membersihkan rumahnya dari sarang laba2, menyapu semua kecoa dan tikus. Membersihkan debu, mengepel lantai membersihkan dinding serta langit2 rumahnya.

Ketika selesai dia mulai melihat bahwa rumahnya tdk terlalu miskin, cukup hangat dan menyenangkan. Dia pun mulai berpikir bahwa dirinya bukanlah seorang pemilik rumah yg miskin lagi melainkan se-org pemilik rumah yg bekerja keras, dia tdk punya waktu utk berpikir ttg _”ketidak-beruntungannya”_

Ingatlah bahwa miskin bukanlah nasib. Miskin adalah adalah pilihan gaya hidup.

Ingat apa yg pernah Bill Gates katakan: “If you are born poor its not your mistake, But if you die poor its your mistake.”

Selama kita mau berusaha. Akan selalu ada jalan bagi kita keluar dari kemiskinan.

Have a Great Monday! *GC*

Advertisements