12 MANFAAT SENYUM BAGI ANDA!

Si X:
“Pak sy itu termasuk org yg susah utk senyum, apalagi yg bpk sampaikan dikelas itu senyuman manis, jujur sy msh blm bs memahami hubungan senyum dgn kesehatan, tp klo hub senyum dgn rejeki sy sdh bs mengerti saat bpk jelaskan dikelas mggu kmrn di graha wisata tmii, bs dijelaskan pak hub senyum dgn kesehatan?”

Saya:
Hhmm..
Sepertinya harus saya jelaskan panjang lebar lagi, agar semua orang bisa mendapatkan pemahaman yang sama, tentang manfaat senyum bagi kesehatan tubuh, dan mental emosional kita..

Seperti kita ketahui bersama, hasil penelitian menyatakan, bahwa dibutuhkan lebih sedikit otot wajah untuk membuat seseorang tersenyum dibanding cemberut.

Beberapa ahli menyatakan dibutuhkan 43 otot untuk cemberut dan hanya 17 otot untuk tersenyum. Namun beberapa lainnya menyebutkan dibutuhkan 62 otot untuk cemberut dan hanya 26 otot untuk tersenyum.

jika sebagian orang masih memilih untuk menampakkan ekspresi cemberut, kusut, masam, tegang, bahkan cenderung jaim(jaga image), mungkin mereka beranggapan supaya terlihat lebih ‘cool’?

Padahal faktanya, banyak gangguan kesehatan tubuh dan psikis yang mengancam. Cemberut membuat semua otot saraf ikut tegang, penuaan dini, dan cenderung depresi.

Selain itu tersenyum juga bisa meningkatkan kesehatan seseorang dan membuat hidupnya lebih menyenangkan.
Berikut ini beberapa manfaat yang bisa didapatkan seseorang dengan tersenyum:

1. Memperlambat keriput di wajah

Manfaat senyum untuk kesehatan anda adalah mencegah penuaan dini. Keriput di wajah dapat terbentuk, jika otot-otot wajah jarang digerakkan. Ketika tersenyum, 12 otot wajah bergerak dalam keadaan santai.

2. Menghilangkan Stres

Tekanan berat akibat rutinitas sehari-hari dapat hilang dengan tersenyum secara tulus. Senyum membuat suasana menjadi tidak beku. Anda dan orang di sekitar pun ikut merasakan efeknya. Rasa lelah, jenuh dan kesedihan dapat dilenyapkan dengan sebuah senyuman yang tulus. Ketika stres menyerang, keluarlah ke luar ruangan. Ambil nafas panjang, kemudian tersenyumlah.

3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Mungkin di luar dugaan kita, bahwa senyum dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ketika kita tersenyum, tubuh akan merasa lebih nyaman sehingga kekebalan tubuh pun meningkat. Daya tahan tubuh yang baik, sangat menunjang kesehatan anda. Bahkan, flu dan batuk dapat cepat disembuhkan dengan memperbanyak tersenyum.

4. Menormalkan Tekanan Darah

Terkait kekebalan tubuh yang meningkat, tekanan darah pun menjadi stabil akibat tersenyum. Silahkan anda membuktikannya! Cek tekanan darah anda pada waktu jarang tersenyum, kemudian bandingkan dengan hari-hari yang banyak tersenyum.

5. Menghilangkan Rasa Sakit

Hormon endorphin dan serotonin mengendalikan rasa sakit pada tubuh. Hormon ini dikenal sebagai hormon pembuat bahagia, serta kekebalan. Hormon ini akan meningkat kadarnya, ketika anda tersenyum.

Senyum bisa melepaskan endorfin, penghilang rasa sakit dan serotonin..

Studi telah menunjukkan senyum bisa melepaskan endorfin, senyawa yang bisa mengurangi rasa sakit secara alami dan serotonin. Ketiganya bisa membuat orang merasa lebih baik dan menjadi obat yang alami.

Bagi semua orang, tentu lebih memilih untuk melihat seorang yang tersenyum daripada cemberut. Banyak penyakit yang dapat dipercepat proses penyembuhannya dengan memperbanyak senyuman.

Berikan senyuman yang tulus kepada rekan anda dan semua orang. Tersenyum kepada orang yang sedang tidak bahagia, akan membuatnya tetap mengeluarkan hormon endorphin.

Mungkin inilah salah satu alasan, bahwa senyum sering disebut sebagai sedekah. Bahkan, pura-pura tersenyum pun ada manfaatnya secara psikologis.

6. Senyum membuat seseorang terlihat lebih menarik

Secara tidak sadar senyum bisa membuat orang lebih menarik karena ada faktor daya tarik tertentu dan membuat seseorang terlihat lebih baik dibanding mengerutkan kening, cemberut atau meringis.

7. Senyum bisa mengubah suasana hati

Tersenyum bisa mengelabui tubuh sehingga membantu seseorang mengubah suasana hatinya menjadi lebih baik. Untuk itu jika merasa sedih, cobalah untuk tersenyum.

8. Senyum bisa menular

Tersenyum tak hanya mengubah suasana hati orang tersebut tapi juga orang-orang disekitarnya, dan membuat hal-hal menjadi lebih bahagia. Ini karena senyum bisa menular dan membawa kebahagiaan bagi orang lain.

9. Senyum bisa meredakan stres

Orang yang stres bisa terlihat dari wajahnya, tapi dengan tersenyum bisa mencegah seseorang tampak letih dan lelah. Jika sedang stres, cobalah ambil waktu untuk tersenyum, karena bisa mengurangi stres sehingga lebih mampu mengambil tindakan.

10. Lipatan senyum di wajah bisa membuat orang terlihat lebih muda

Otot-otot yang digunakan untuk tersenyum bisa membantu mengangkat wajah sehingga membuat orang tampak lebih muda. Karenanya cobalah lebih sering tersenyum yang membuat merasa lebih muda dan lebih baik.

11. Tersenyum bisa membuat orang lebih cepat meniti tangga sukses

Orang yang tersenyum akan terlihat lebih percaya diri sehingga lebih dipromosikan, selain itu pasang senyum di setiap pertemuan akan memiliki reaksi yang berbeda.

12. Senyum bisa membantu orang tetap positif

Senyum akan membuat orang lebih positif dan mengurangi pikiran negatif. Dengan mengurangi depresi, stres dan khawatir maka kesehatan seseorang juga akan meningkat dan menghindarinya dari berbagai risiko penyakit.

Sekarang kita bandingkan frekuensi senyum orang dewasa dan anak-anak. Seorang kardiolog mengatakan bahwa anak-anak rata-rata tertawa sebanyak 400 kali setiap hari, sedangkan orang dewasa melakukannya sebanyak 15 kali saja. Padahal bagi orang dewasa, tentu lebih mengetahui manfaat senyum bagi kesehatan mereka ketimbang anak-anak.

Ketika anda diserang penat akibat rutinitas dan pekerjaan yang banyak mengeluarkan tenaga dan energi otak, tersenyum dan tertawa ringan menstabilkan tekanan darah dan irama jantung yang tinggi. Hal ini meningkatkan sensor-sensor perseptif sehingga menyebabkan Anda mampu untuk menghadapi pekerjaan secara baik.

Mereka yang sering tersenyum juga cenderung punya kemampuan berfikir jernih, serta ide kreatif dalam memecahkan banyak persoalan. Manfaat senyum bagi kesehatan lainnya adalah memperlancar sirkulasi nutrisi dan oksigen pada jaringan otot tubuh.

Jadi, mulai sekarang biasakan untuk memulai hari dengan tersenyum.
Setidaknya, dengan tersenyum menunjukkan bahwa anda bahagia.

So, buang wajah tegang, kaku, tanpa ekspresi, apalagi wajah cemberut yang membuat wajah anda semakin terlihat jelek sekali,
Dan ganti segera dengan wajah yang menyenangkan, yang senantiasa memancarkan senyum manis, semangat, dan kegembiraan..

The End..

So, Let’s Transform!

Hermawan GS
CEO & Founder
http://www.transformresources.id
http://www.mastermind-institute.com

Advertisements