Siapa yang mau berhasil? Pasti semuanya. Tapi kenyataannya tidak semua bisa. Pertanyaannya mengapa ada yang bisa dan ada yang tidak?

Kalau kita lihat, yang sudah berhasil bisa terdiri dari beragam latar belakang. Dari yang pintar sampai yang biasa-biasa. Dari yang punya harta warisan sampai yang memulai sendiri. Dari yang tua sampai yang muda. Wanita maupun pria.

Biasanya kita selalu mencari faktor luar terbaik yang bisa melengkapi karir kita. Pertanyaannya. Apakah metode yang digunakan itu sudah pasti akan berhasil. Apakah ada bukti nyata 100 orang memakai cara ini dan 100 orang berhasil? Jika tidak, apa faktor penentu keberhasilan ini. Apakah bersifat random sehingga lebih mengandalkan keberuntungan? Rasanya tidak. Coba tanyakan pada yang sudah mencapai garis finish. Apakah mereka beruntung bisa mencapainya atau karena usaha mereka.

Terus apakah sudah digariskan? Rasanya tidak. Dengan beragamnya latar belakang kisah sukses, tidak ada jaminan kalau adalah A maka pasti akan jadi B. Kami sendiri menganut paham bahwa masa depan kami ditentukan dari diri sendiri. Apa yang kami pikir, katakan, dan perbuat sekarang adalah efek dari apa yang kami pikir, katakan, dan perbuat di masa lalu. Apa yang kita pikir, katakan, dan perbuat sekarang, akan membawa efek pada masa depan kita.

Kalau semuanya adalah dari kita sendiri, maka kami membuat daftar apa yang harus dilakukan supaya bisa memunculkan benih keberhasilan ini.

Daftar ini adalah : 

Berkecukupan – Part 1 : http://goo.gl/Sxi3Ft
Disiplin – Part 2 : http://goo.gl/4xe1uL
Kerja Keras – Part 3 : http://goo.gl/OhSHOs
Kesabaran – Part 4 : http://goo.gl/oTpOuC
Latihan – Part 5 : http://goo.gl/ADxk8H
Akal Sehat – Part 6 : http://goo.gl/J0EmxJ

Dan jika jalannya benar. Maka ada 5 tahap karir investasi yang akan kita lalui yaitu : http://goo.gl/BpgzHv

Pertanyaan penting lagi. Apakah kami sendiri sudah mencapai garis finish? Jawaban pastinya adalah belum. Kami masih muda di karir ini. Sama juga seperti yang lain. Masih melakukan banyak kesalahan dan perlu perbaikan. Jadi mari melakukan perjalanan bersama-sama. 

Ingat-ingat kata Peter Lynch. Bukan bursa atau yang di luar yang menentukan nasib investor. Kita sendirilah yang menentukan nasib kita. 

Sama seperti ungkapan spiritual. Bukan faktor eksternallah yang menentukan kebahagiaan kita. Kita sendirilah yang menentukan kebahagiaan kita. 

Jika ini sudah dikuasai, menggunakan metode apapun juga akan selalu berhasil. Karena benih keberhasilan sudah kita miliki. 

Salah satu indikator penting dari benih ini adalah kita sudah melihat akan seperti apa pohon dari benih tumbuh. Atau kalimat lainnya. Kita sudah melihat ujung karir investasi kita.

Karena itu di banyak artikel kami selalu fokus bertanya, apa ujung karir investasi yang kita harapkan.

Jadi, apa ujung karir yang menanti kita?

<small><b>sumber : www.saham-indonesia.com</b></small>

Advertisements